studio1

studio1

23 Desember 2009

Blue Screen Atau Green Screen?



Pake Blue Screen atau Green Screen? pertanyaan ini sering muncul ketika menggunakan efek chroma key untuk berbagai kebutuhan pemisahan warna background, baik "live" maupun "taping".




Penggunaan layar biru atau layar hijau sebagai background untuk efek chroma key, memiliki kelebihan masing-masing sesuai dengan kondisi pengambilan gambar yang dilakukan. Penentuan penggunaan layar biru atau layar hijau biasanya berdasarkan pada:


  1. Jenis kamera.
  2. Intensitas cahaya dan jenis lampu yang digunakan.
  3. Kostum obyek gambar.
Berdasarkan beberapa point tersebut, penggunaan blue screen atau green screen bisa ditentukan seperti contoh berikut:
  1. Jika kamera yang digunakan adalah jenis analog, blue screen lebih pas digunakan. 
  2. Blue screen lebih cocok digunakan pada kondisi cahaya yang warm (hangat), sedangkan cahaya dengan intensitas penuh dan berwarna putih/daylight, lebih cocok menggunakan green screen.
  3. Hampir semua format program tayang berita yang disiarkan secara langsung, menggunakan pencahayaan daylight. Penggunaan chroma key Akan lebih mudah menggunakan green screen daripada blue screen. tetapi ini juga tergantung kepada warna kostum obyek gambar. Jika anchor/presenter dominan menggunakan warna kehijauan (terutama untuk program acara keagamaan), lebih baik menggunakan blue screen dengan menyesuaikan intensitas cahaya.
Bagi tv lokal yang hanya memiliki 1 ruang studio pengambilan gambar, lebih efisien menggunakan blue screen dan green screen portabel (dapat digulung dan dipindahkan).










 

Artigos Relacionados