studio1

studio1

23 Desember 2009

Merancang & Membuat Sendiri Teleprompter



Teleprompter merupakan sebuah perangkat wajib untuk program tayang jenis berita/news yang disiarkan secara "live". Sangat sulit bagi seorang anchor untuk menghafal seluruh script berita dan mengucapkannya di depan kamera tanpa harus melihat script berita melalui sebuah teleprompter.





Untuk menghemat biaya pengadaan teleprompter, anda bisa membuat sendiri teleprompter dengan bahan-bahan material yang mudah diperoleh. 
Prinsip dasar teleprompter adalah memantulkan gambar script sebuah monitor CRT/LCD yang teksnya telah di-reverse (dibalik) ke sebuah kaca dengan kemiringan 45 derajat.





bahan kotak teleprompter bisa dari jenis plat dan dicat seluruhnya (luar dalam) dengan warna hitam dove (buram).
Ukuran telepormpter anda sesuaikan dengan ukuran monitor LCD yang anda gunakan.

Bagian dalam kaca harus anda lapisi dengan film kaca (biasa digunakan untuk kaca mobil) yang berkadar 30%. Ini berguna agar tidak timbul efek tulisan ganda/tumpang tindih yang diakibatkan ketebalan kaca.




Untuk software teleprompter, anda bisa menggunakan MyMedia Teleprompter PowerPro. Software tersebut dilengkapi dengan fitur seperti:
  1. reversed text.
  2. Font size, color.
  3. Scrolling speed adjust.
  4. txt file format. 
(hubungi kami untuk order).

Atau anda bisa menggunakan aplikasi MyMedia Teleprompter PowerLiteFree jenis freeware (dengan batasan maksimal 2000 karakter) sebagai ujicoba. Software tersebut dapat anda klik disini untuk download


Untuk fitur yang lebih lengkap, gunakan aplikasi MyMedia Teleprompter PowerPro.

                                  

Artigos Relacionados