studio1

studio1

11 Juli 2010

Kompatibilitas Video Card Untuk Software MyMedia





Klien dan calon klien MyMedia seringkali melayangkan pertanyaan seputar masalah video card yang cocok digunakan untuk menjalankan aplikasi MyMedia. Meskipun kami tidak merekomendasikan video card merek tertentu karena pada dasarnya semua jenis video card dapat digunakan, kami akan mencoba memberikan penjelasan mengenai penanganan video card dan cara memanfaatkan output video card secara maksimal.





Software broadcasing MyMedia membutuhkan video card jenis dual output. Output pertama digunakan untuk monitor PC, sedangkan output kedua digunakan sebagai jalur keluaran video hasil dari aplikasi MyMedia.

Perkembangan video card teramat pesat, berbagai fitur ditambahkan untuk memanjakan pengguna, terutama video card yang dikhususkan untuk para gamer. 
Kini, video card jenis dual output atau multi output sangat beragam jenis dan mereknya. Namun di Indonesia, maaih ada 2 vendor yang mendominasi pasar, yaitu ATI dan NVidia. Kedua merek tersebut sangat mudah ditemui di dealer komputer.


Pada awalnya, video card multi-output hanya menyediakan 2 output video, yaitu vga out untuk monitor PC dan composite out untuk TV. seiring perkembangan teknologi video card, kini video card multi-output dapat dijumpai dengan beragam output video seperti:
  1. VGA + Composite.
  2. VGA + S-Video.
  3. VGA + DV-I + S-Video.
  4. VGA + DV-I + HDMI.
Semua jenis video card diatas dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi MyMedia, sesuai kebutuhan anda, jenis output yang mana yang ingin anda manfaatkan.


Skema diatas adalah cara pemasangan yang umum dilakukan jika menggunakan video card dengan multi-output jenis S-Video. Jika TV atau modulator yang digunakan tidak memiliki input s-video, anda dapat menggunakan konverter s-video ke composite, biasanya sudah disertakan didalam paket video card ketika anda membelinya.





Output jenis HDMI (High-Definition Multimedia Interface), adalah jenis multi-output video card terbaru, yang muncul dua tahunan belakangan ini. hasil gambar dari keluaran HDMI jauh lebih tinggi dibandingkan dengan keluaran composite atau s-video. Output HDMI dapat anda salurkan ke TV atau modulator yang memiliki fasilitas input HDMI.

 

Dengan kehadiran video card multi-output jenis HDMI, video card yang memiliki multi-output composite atau s-video mulai tergeser dan kini sulit ditemui di pasaran. Bagi anda yang ingin menggunakan software MyMedia untuk kebutuhan broadcasting di lokasi cafe, restoran, hotel, atau bandara, video card dengan output HDMI justru menguntungkan karena saat ini telah banyak dijumpai TV yang memiliki input HDMI.
Lantas bagaimana jika perangkat TV atau modulator anda tidak memiliki input HDMI? terutama bagi pemilik stasiun TV lokal/komunitas dan tv kabel, karena perangkat-perangkat untuk kedua jenis usaha tersebut umumnya hanya memiliki input analog seperti composite dan s-video.

Jika video card multi-output analog sudah sulit ditemui dan hanya tersedia video card dengan output HDMI, anda dapat menggunakan perangkat konverter HDMI-analog.
Output HDMI video card disambungkan ke input HDMI di konverter dan anda tinggal menyambungkan output analog (composite/s-video) dari konverter tersebut ke input perangkat analog anda (TV analog, RF modulator, RF transmitter, proyektor, dll).

 



Kalaupun di daerah anda masih sulit dijumpai konverter video, anda dapat memanfaatkan TV LCD yang memiliki input HDMI (rata-rata TV LCD saat ini memiliki multi-input, termasuk HDMI). Output video dari TV disambungkan ke perangkat analog anda. Jadi selain berfungsi sebagai monitor hasil gambar dari video card, TV juga berfungsi sebagai konverter.

 





 


Artigos Relacionados